Hideki Shirakawa, Ilmuwan Pembuat Terobosan Polimer Konduktif

Foto Hideki Shirakawa

Hideki Shirakawa adalah salah satu tokoh yang tak terlupakan dalam dunia ilmu kimia dan teknologi. Lahir pada tanggal 20 Agustus 1936 di Tokyo, Jepang, Shirakawa telah meninggalkan jejaknya yang kuat dalam bidang kimia polimer, khususnya dalam penelitian tentang konduktivitas listrik.

Namanya dikenal luas setelah menerima Hadiah Nobel Kimia pada tahun 2000 bersama dengan Alan MacDiarmid dan Alan Heeger.

Perjalanan karirnya dimulai dengan langkah-langkah yang kokoh. Setelah meraih gelar Ph.D. dari Institut Teknologi Tokyo pada tahun 1966, Shirakawa memasuki dunia riset dengan semangat dan keingintahuan yang tak terbatas.

Namun, salah satu momen paling penting dalam karirnya terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1974, ketika dia berhasil mensintesis polyacetylene menjadi film perak yang memiliki sifat-sifat logam. Penemuan ini membuka jalan bagi penelitian lebih lanjut tentang polimer konduktif.

Kolaborasi Shirakawa dengan MacDiarmid dan Heeger di Universitas Pennsylvania pada tahun 1977 membawa terobosan besar dalam pengembangan polyacetylene. Melalui pengeksposan polimer ini ke uap yodium, mereka berhasil meningkatkan konduktivitas listriknya secara drastis, menjadikannya sekonduktif beberapa logam.

Kiri ke kanan: Alan MacDiarmid, Hideki Shirakawa, dan Alan Heeger

Ini adalah langkah revolusioner dalam pengembangan material konduktif dan memiliki implikasi yang luas dalam berbagai bidang, mulai dari teknologi komunikasi hingga peralatan medis.

Selain kontribusinya pada polyacetylene, Shirakawa juga mempelajari polimer konduktif lainnya, seperti polianilin dan polipirrol, memperluas cakupan pengetahuan dalam bidang tersebut. Penghargaan yang diterimanya tidak hanya mencerminkan pengakuan atas karya ilmiahnya yang gemilang, tetapi juga dedikasinya terhadap ilmu pengetahuan dan pendidikan.

Penghargaan yang diberikan padanya termasuk:

  • Penghargaan Asahi (1981)
  • Penghargaan Jepang (1998)
  • dan Penghargaan Kyoto (2005)

Tak hanya sebagai seorang ilmuwan, Shirakawa juga dikenal sebagai tokoh akademik dan sosial yang aktif. Keanggotaannya dalam berbagai akademi ilmiah, termasuk Akademi Ilmu Pengetahuan Jepang, Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional Amerika Serikat, dan Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, menunjukkan pengakuan terhadap kecemerlangannya dalam bidang ilmiah.

Melalui karya-karyanya yang revolusioner, Hideki Shirakawa telah membuka jalan baru dalam pemahaman kita tentang material konduktif dan memperluas aplikasi mereka dalam kehidupan sehari-hari. Dia adalah contoh nyata dari bagaimana keingintahuan, dedikasi, dan kerja keras dapat menghasilkan terobosan ilmiah yang mengubah dunia.

Karya dan prestasinya akan terus menginspirasi generasi ilmuwan masa depan untuk mengeksplorasi batas-batas pengetahuan manusia.